Sunday, July 28, 2013

Musim Depan, Tim MotoGP Bisa Turunkan Empat Pebalap

Musim Depan, Tim MotoGP Bisa Turunkan Empat Pebalap

Madrid - Terjadi perubahan regulasi untuk kompetisi MotoGP musim 2014. Pada musim depan, masing-masing tim akan diperbolehkan menurunkan maksimal empat pebalap.

Perubahan regulasi ini diumumkan oleh MotoGP lewat situs resminya pada Jumat (26/7/2013). Perubahan regulasi ini adalah hasil dari pertemuan Komisi Grand Prix pada 13 Juli lalu di Sachsenring.

Dalam aturan yang berlaku sekarang, setiap pabrikan memang bisa menurunkan empat pebalap. Tapi, dari empat pebalap tersebut, hanya dua yang bisa memperkuat tim pabrikan, sementara dua lainnya akan bergabung dengan tim satelit. 

Sebagai contoh, Yamaha memiliki Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di tim pabrikan, sementara Cal Crutchlow dan Bradley Smith berada di bawah bendera tim Yamaha Tech 3.

Begitu pula Honda yang mengandalkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di tim pabrikan mereka, sementara di tim Honda Gresini ada Alvaro Bautista dan di tim LCR Honda ada Stefan Bradl.

Pada musim 2014, pemisahan semacam ini tak akan ada lagi. Artinya, setiap pabrikan (termasuk pabrikan motor dan pabrikan sasis) bisa memiliki empat pebalap dan semua pebalap tersebut akan berpredikat "pebalap tim pabrikan".

No comments:

Post a Comment