Friday, July 26, 2013

5 Fitur teranyar Android Jelly Bean 4.3

Google telah mengumumkan secara resmi kehadiran sistem operasi Android 4.3. Masih mengusung nama Jelly Bean, OS ini mengusung sejumlah penambahan fitur yang bakal lebih memanjakan pengguna.
Mulai dari tawaran sistem keamanan yang lebih baik, user interface lebih menarik, hingga pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan, menjadi daya pikat utama Android 4.3.
Penasaran apa saja fitur baru yang terdapat di Android 4.3. Simak ulasan berikut:

1. Multiple User
Beberapa pengguna Android mungkin masih asing dengan fitur multiple user, namun sejatinya Android 4.2.2 telah menawarkan kemampuan ini. Hanya saja untuk menggunakannya, pengguna harus lebih dulu menginstal aplikasi tambahan seperti SwitchMe.
Pada Android 4.3 kemampuan multiple user mendapatkan improvisasi, kini pengguna dapat membatasi profil user tertentu dalam mengakses aplikasi.
Uniknya, pada fitur multiple user kali ini setiap profil user akan memiliki lokasi penyimpanannya sendiri yang akan menampung konfigurasi home screen, widget, hingga setingan pribadi penggunanya.
Dengan hadirnya kemampuan multiple user dengan fitur restricted profil ini, tentunya pengguna yang sering berbagi penggunaan smartphone miliknya dengan sang buah hati dapat terhindar dari kemungkinan yang tidak diinginkan. Seperti misalnya transaksi belanja online yang secara tak sengaja terakses oleh sang anak.

2. OpenGL ES 3.0
Improvisasi lain yang hadir pada Android 4.3 adalah penyematan OpenGL ES 3.0. Dapat dipastikan kehadiran OpenGL ES 3.0 erat kaitannya dengan tampilan grafis yang lebih mumpuni. Tentunya ini berkaitan erat dengan game-game terbaru yang akan muncul ke depannya.
Dengan kehadiran OpenGL ES 3.0, Android 4.3 diklaim bakal memberikan keleluasaan bagi developer game untuk menghadirkan game dengan tampilan grafis yang lebih baik lagi. Namun tentunya chip grafis yang digunakan pada smartphone juga harus mendukung penggunaan OpenGL ES 3.0 agar pengguna dapat merasakan kelebihan grafis yang ditawarkan.

3. Bluetooth Smart Ready
Teknologi Bluetooth yang kini kian canggih diklaim bakal makin optimal pada Android 4.3. Google menghadirkan kemampuan yang disebutnya Bluetooth Smart Ready. Kemampuan ini memfungsikan Bluetooth layaknya sebuah sensor seperti misalnya untuk mengecek detak jantung.
Hal tersebut dimungkinkan berkat API (Appplication Programing Interface) pada Android 4.3 yang telah mendukung Bluetooth Generic Attribute Profile (GATT) services. Memanfaatkan API tersebut, developer kini dimungkinkan menghadirkan aplikasi yang unik dan tentunya bermanfaat.

4. Data Notification Access
Notifikasi yang kerap tampil pada bagian atas perangkat Android juga mendapatkan improvisasi. Fitur baru di Android 4.3 mungkin lebih dirasakan oleh developer. Kini developer memiliki kesempatan untuk mengetahui notifikasi yang didapatkan oleh pengguna.
Namun hanya terbatas pada notifikasi data yang biasanya datang dari aplikasi. Itu pun hanya dapat dilakukan oleh developer atas izin dari pengguna.
Keuntungan dari kemampuan ini adalah developer dapat dengan mudah menawarkan aplikasi yang sesuai kebutuhan pengguna berdasarkan data notifikasi yang diterima pengguna. Hal ini disebut bakal membuka era baru aplikasi pintar yakni dengan cara mengetahui kebiasaan pengguna.

5. Digital Rights Management (DRM) 
Digital Rights Management (DRM) pada Android 4.3 bakal makin canggih. Google menambahkan DRM APIs yang memudahkan perusahaan media menampilkan kontennya. Misalnya streaming video definisi tinggi lebih gampang dilakukan.
Dengan kata lain, modular DRM framework terbaru yang disematkan Google pada Android 4.3 memungkinkan para developer lebih mudah mengintegrasikan DRM ke dalam masing-masing protokol streaming miliknya seperti misalnya MPEG Dynamic Adaptive Streaming over HTTP (DASH).

No comments:

Post a Comment