Friday, July 26, 2013

Android Jelly Bean 4.3 telah resmi di release

Android Jelly Bean 4.3 telah resmi di release


Selain mengumumkan kehadiran Nexus 7 generasi kedua, Google beberapa saat yang lalu juga mengumumkan keberadaan Android 4.3. Sebelumnya OS Android 4.3 ini sudah terpasang di perangkat edisi Google Play seperti Samsung Galaxy S4 dan HTC One, namun baru kali Google mengumumkannya dan memberikan penjelasan tentang beberapa upgrade yang dimasukkan ke dalam sistem operasi mobile terbarunya ini.

Dukungan multi-user telah diperbarui sehingga memungkinkan profil restricted (terbatas). Sebuah profil pengguna di Android 4.3 dapat diatur sehingga hanya mengakses konten dan aplikasi yang diijinkan, termasuk batasan tingkat level hingga pembelian aplikasi misalnya.

Aplikasi bawaan juga diperbarui dengan adanya Hangouts yang menggantikan Talk dan Keep. Aplikasi Drive, Chrome, dan Maps juga telah diperbarui.
Sistem notifikasi juga diubah sehingga sekarang pengguna bisa melihat sejarah notifikasi. Aplikasi pihak ketiga juga akan bisa mengakses notifikasi ini sehingga membantu sinkronisasi pada smartwatch atau perangkat lain.

Perubahan non-tampilan juga dimasukkan seperti dukungan terhadap OpenGL ES 3.0 untuk tampilan 3D. Google juga mengumumkan aplikasi Google Play Games yang menyimpan informasi game yang dimainkan teman-teman hingga skor tertinggi suatu game.

Google juga menambal bug Master Key yang diumumkan beberapa waktu yang lalu. Sementara dukungan terhadap Bluetooth 4.0 dengan mode Low Energy juga dimasukkan langsung sehingga tak perlu driver pihak ketiga. Dukungan AVRCP untuk Bluetooth juga ditambahkan sehingga metadata dapat dikirim ke speaker wireless. Wifi juga dapat digunakan untuk menentukan posisi pengguna dengan lebih baik karena dapat dikonfigurasi tetap menyala.

Enkripsi baru yang mendukunga DRM juga ditambahkan sehingga penyedia konten ternama akan lebih tertarik untuk menyediakan konten berkualitas di platform Android. Salah satu yang sudah menggunakannya adalah Netflix yang menyediakan streaming 1080p lewat Play Store.

Update Android 4.3 akan segera tersedia untuk seluruh jajaran Galaxy Nexus ke atas termasuk Nexus 4, 7, dan 10. Selain itu update Android 4.3 untuk Samsung Galaxy S4 dan HTC One Google Play Edition juga akan segera tersedia.

No comments:

Post a Comment